Tentang keracunan organofosfat

Tentang keracunan organofosfat



Apakah anda ketahui apakah itu organofosfat? Bila anda belum tahu, bakal kami terangkan. Organofosfat yaitu zat kimia sintesis yang terdapat dalam pestisida, di mana ia bermanfaat untuk membunuh hama yang berbentuk serangga, jamur serta gulma. Pestisida sendiri dikelompokkan jadi tiga type, yaitu insektisida untuk membunuh serangga, fungsida untuk membunuh jamur serta herbisida untuk membunuh tanaman pengganggu atau gulma. Pemakaian pestisida yang memiliki kandungan organofosfat dalam bagian pertanian telah di kenal sangatlah luas. Organofosfat juga dipakai dalam product rumah tangga seperti penghilang nyamuk, kecoak serta hewan pengganggu yang lain. Sudah pasti zat penghilang ini beracun juga untuk manusia dalam kandungan spesifik.

keracunan organofosfat

Terdapat beberapa jenis masalah keracunan organofosfat yang telah diidentifikasi. Organofosfat bisa meracuni manusia lewat kulit, mata, mulut bila tertelan serta hidung bila terhirup dengan dosis berlebihan. Setiap pemicu keracunan mempunyai perlakuan yang berlainan. Tersebut disini sebagian type keracunan organofosfat.
Keracunan organofosfat lewat kulit

Keracunan organofosfat lewat kulit biasanya berlangsung bila organofosfat berbentuk cairan. Orang yang menuang cairan itu menumpahkannya serta tentang kulit. Diluar itu organofosfat dapat juga meracuni kulit manusia lewat pakaian atau membersihkan pakaian yang terpapar organofosfat memakai tangan terbuka. Tanda-tanda awal keracunan organofosfat pada kulit yaitu terjadinya ruam serta iritasi pada kulit. Walau iritasi serta ruam dapat nampak lantaran pemicu lain, alangkah lebih sebaiknya anda selekasnya bertindak ini :

Bersihkan dengan sabun serta air dingin sisi yang terserang organofosfat. Tambah baik lagi bila anda mandi serta bersihkan semua badan.
Ubah pakaian anda dengan yang lebih bersih serta janganlah membersihkan pakaian yang terserang organofosfat dengan tangan terbuka tetapi pakai sarung tangan yang didesain spesial untuk bahan yang beresiko.
Apabila tangan anda menyentuh organofosfat, selekasnya bersihkan tangan anda dengan sabun serta air dingin.
Bila organofosfat masuk ke mata, cucilah mata anda dengan air yang mengalir sekurang-kurangnya sepanjang lima belas menit.

Bila iritasi yang berlangsung cukup berat, jadi kulit anda bakal melepuh. Bila ini yang berlangsung, jadi bersihkan kulit anda dengan air dingin yang mengalir. Janganlah gosok apa pun yang melekat pada luka anda serta janganlah memoleskan apa pun pada kulit yang melepuh. Selekasnya tutup kulit anda yang melepuh dengan kasa steril serta selekasnya bawa ke dokter atau rumah sakit paling dekat.
Keracunan organofosfat yang tertelan

Organofosfat bisa tertelan lantaran kesibukan yang asal-asalan dalam bekerja dengan zat beresiko. Biasanya mungkin meneguk minuman atau mengonsumsi makanan yang tercemar organofosfat. Kerancuan ini dapat juga juga berlangsung lantaran dengan berniat meminum zat kimia organofosfat cair dengan maksud bunuh diri. Untuk mengatasinya, anda bisa lakukan beberapa hal tersebut :

Bila orang itu pingsan, baringkan posisinya jadi miring serta telephone ambulans atau service darura.
Yakinkan orang itu masih juga dalam keadaan bernafas. Bila tak, jadi selekasnya berikanlah nafas buatan, tetapi pada awal mulanya pakai masker atau kain untuk mengindari organofosfat meracuni anda.
Teliti paket organofosfat yang meracuninya, apakah type itu mesti dimuntahkan atau tak. Bila tak bisa dimuntahkan jadi beri orang itu tumbukan daun yang beraroma kuat seperti seledri, bawang atau kemangi digabung dengan air hangat. Imbuhkan karbon aktif untuk menyerap toksin dalam badannya.
Bila ambulans atau service darurat telah datang, serahkan pada mereka untuk dibawa ke rumah sakit.

Keracunan organofosfat yang terhirup

Seseorang yang alami keracunan organofosfat lewat cara terhirup dalam jumlah yang cukup besar bakal terasa pusing, mual serta batuk-batuk. Bila ini berlangsung, jadi mesti selekasnya diakukan dengan singkirkan orang itu dari sumber keracunan. Simpan orang tersebut di tempat terbuka yang udaranya bersih. Berikanlah minum susu atau air sebanyak mungkin. Bila pusing tak hilang dalam 10 menit, selekasnya bawa ke dokter atau rumah sakit paling dekat

0 Response to "Tentang keracunan organofosfat"

Posting Komentar

wdcfawqafwef